Rabu, 07 Mei 2008

PROGRAM KERJA REMAIS MUJAHDIN

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pada Kesempatan ini kami ingin memberitahukan sedikit info mengenai Program Kerja Remais Mujahidin

Organisasi KTYME Islam yang berintikan Remais Mujahidin Stembayo, memiliki beberapa Proker (Program Kerja)yang kesemuanya terbagi atas:
*-program kerja harian
*-program kerja bulanan
*-program kerja tahunan

1. Program Kerja Harian

Beberapa ekstrakurikuler yang berkaitan dengan keagamaan seperti:
a. SBAQ ( Seni Baca Al-Qur'an )
b. Kaligrafi
c. Nasyid ( Seni Suara Keagamaan )
d. Kajian Keputrian
e. Kajian keislaman
f. Shalat Jum'at

adalah ekstrakurikuleryang diadakan oleh sekolah namun dalam pelaksanaannya dibantu anggota remais mujahidin. Dalam hal ini, anggota Remais Mujahdidin hanya membantu sebagai koordinator yang memantau jalannya ekstrakurikuler tersebut apakah lancar atau tidak, apakah ada peningkatan ataukah akan terjadi penurunan yang mengakibatkan ditiadakannya eskul tersebut.

Selain itu tugas koordinator yang lain adalah membagi anggaran yang disediakan oleh sekolah bagi tiap-tiap eskul tersebut. Anggaran yang diberikan nggak besar kok, tahun 2007 / 2008 ini rata-rata cuma 60.000 setahun untuk tiap proker harian.

2. Program Kerja Bulanan

Beberapa Program Kerja Bulanan pada Tahun ini antara lain:

*-Mading IM3 ( Ini Madingnya Moslem Mujahidin )
*-Buletin Al-Ibroh
*-Kerja Bakti

a. Mading IM3
mading IM3 adalah mading yang dibuat oleh ramais mujahidin dan terbit sebulan sekali. Konsep pembuatannya sendiri adalah selang-seling, yakni sebulan ikhwan ( laki-laki ) dan sebulan akhwat ( perempuan ). Hal ini dikarenakan mencegah agar tak bercampurnya non muhrim tanpa hijab. seperti halnya penggunaan ruang sekretariat yang di selang-seling juga, yakni sehari ikhwan dan sehari akhwat.

b. Buletin Al-Ibroh
Buletin Al-Ibroh adalah buletin yang dikelola oleh remais mujahidin. Buletin ini sempat mengalami hibernasi karena tidak terbit lagi dan pada tahun 2007/2008 ini kami mencoba untuk menerbitkannya dengan frekuensi 1 bulan 1 kali. Konsep Al-Ibroh sendiri mengambil materi dari pembecanya, sehingga tema tergantung materi yang tersedia. Pada bulan April kemarin, Remais Mujahidin telah berhasil menerbitkan Buletin Al-Ibroh dan Alhamdulillah Laku dan Remais mencoba untuk meng-ekspor buletin tersebut ke luar sekolah.

c. Kerja bakti
Kerja bakti Remais dilaksanakan setiap sebulan sekali, konsep acaranya yakni membersihkan masjid dan ruang sekretariat.

3. Proker tahunan

Beberapa proker tahunan Remais tahun 2007/2008 ini antara lain:
*-Idul Adha
*-Pengajian Akbar mengisi Maulud Nabi
*-Pengajian Akbar Mengisi Isra' Mi'raj
*-Training Remais Mujahidin

a. Idul Adha
status: terlaksana

Pelaksanaan idul adha di SMK N 2 Depok hampir sama seperti di sekolah lain. Menurut senior Remais terdahulu, Proker Idul Adha adalah proker yang tersulit dan sangat menantang. Bagaimana tidak? Dana Proker ini pada pelaksanaan kemarin mencapai 17 juta lebih, dan melibatkan seluruh anggota aktif kelas 1,2 dan 3. Pada kesempatan yang lalu, Remais telah menganggarkan dana sekian dan telah berhasil membeli hewan kurban sebanyak 9 kambing dan 1 ekor sapi di tambah titipan dari guru sebanyak 2 ekor kambing, jadi jumlah seluruhnya ada 11 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Namun yang disembelih di SMK N 2 Depok hanya 5 ekor kambing dan 1 ekor sapi.

b. Pengajian Akbar mengisi Maulud Nabi
status: terlaksana

Pengajian Akbar ini telah diniatkan bukan sebagai perayaan Maulud Nabi namun diniatkan memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. Pada kesempatan lalu, Pengajian akbar masjid mujahidin mengangkat tema " Pergaulan Remaja " yang kini telah jauh dari syariat Islam.

c. Pengajian Akbar Mengisi Isra' Mi'raj
status: belum terlaksana

sama dengan Pengajian Akbar Mengisi Maulud Nabi Muhammad SAW

d. Training Remais Mujahidin
status belum terlaksana

Training Remais Mujahidin adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan rutin untuk melatih dan memperkenalkan remais dengan lebih dekat lagi. Pada tahun lalu kegiatan Training Remais terasa sangat seru, pada waktu itu calon anggota remais menginap semalam dan mengikuti esegala kegiatan di remais tersebut. Kegiatan yang mengasyikan antara lain: Kegiatan waktu dimalam hari dimana kami diminta mencari pos-pos yang dijaga kakak kelas dan meminta pengetahuan mengenai Islam dari sana.
Ada lagi yakni ketika outbond, seluruh peserta training menikmati kegiatan ini, kami bermain perang air dan membuat benteng manusia yang sulit untuk ditembus. Adalagi yakni permainan melatih kepercayaan yakni setiap ketua kelompok diminta menjatuhkan diri dari suatu tempat dan di tangkap oleh anggotanya. dalam hal ini setiap ketua kelompok ditutup matanya jadi apabila ia mau jatuh dengan tenang ia harus percaya sepenuhnya kepada anggotanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Sekian

Tidak ada komentar:

KOTAK KOMENTAR


Free chat widget @ ShoutMix